Selasa, 19 Okt 2021

Profil Sekolah

PROFIL SEKOLAH
ISLAMIC INTERNATIONAL SCHOOL
PESANTREN SABILIL MUTTAQIEN
(IIS PSM) MAGETAN

A. Latar Belakang Sekolah (Background of the School)

Islamic International School Pesantren Sabilil Muttaqien (IIS PSM) adalah sekolah di bawah naungan Yayasan Perguruan Islam Pesantren Sabilil Muttaqien (YPI PSM) yang berlokasi di Jl. Monginsidi No. 52 Magetan, Jawa Timur, Indonesia. IIS PSM memiliki jenjang pendidikan mulai dari KB, TK, SD, SMP, dan SMA. IIS PSM diresmikan pada tanggal 25 Agustus 2008 di hotel JW Marriot Surabaya. Pengesahan dan peresmian sekolah ditandatangani oleh Menteri Agama Republik Indonesia, Menteri Pendidikan Singapura, CEO Temasek Foundation Singapura serta dihadiri oleh para pengusaha dari Jawa Timur dan kota-kota besar di seluruh Indonesia. IIS PSM diprakarsai oleh Dr.(Hc.) Dahlan Iskan dan Ir. H. Mir’atul Mu’minin, M.M. serta berafiliasi dengan Madrasah Irsyad Zuhri Al Islamiyah Singapura dalam hal manajemen sekolah.

IIS PSM berkomitmen dalam penerapan standar kurikulum nasional yang diperkaya dengan kurikulum internasional dan kurikulum islami. Dengan penerapan kurikulum tersebut, siswa lulusan IIS PSM akan memperoleh dua sertifikat, yaitu sertifikat nasional dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia .dan sertifikat internasional dari Cambridge University, Inggris. Selain itu, lulusan IIS PSM juga memiliki bekal ilmu agama dan hafalan Al-Quran yang baik untuk diaplikasikan dalam kehidupan bermasyarakat. Lulusan IIS PSM disiapkan untuk melanjutkan pendidikan di tingkat perguruan tinggi, baik di dalam maupun luar negeri. Kegiatan belajar mengajar dilaksanakan secara full-day session school.

B. School Founder, Board & Principals:

1. YPI PSM Chairman: MT Yanuar Miryanta, S.H.

2. IIS PSM Founder & Adviser: Prof. Dr.(Hc.) Dahlan Iskan

3. School Board:

 Ir H Misbahul Huda, MBA

 DR Ir Zaim Uchrowi, MDM

 DR Ir Ira Puspa Dewi, MDM

 DR Ir Hj Tatik Mulyati, MM

4. Project Officer & Director of Education: Puji Santoso, M.Pd

5. Kepala Sekolah (Principals)

 Preschool Principal (Kepala KB-TK) : Rinawati, S.Pd

 Primary Principal (Kepala SD) : Puji Santoso, M.Pd

 Secondary Principal (Kepala SMP): Khoirul Anam Ahmad Hasyimi, S.Th.I., M.Pd

 Preuniversity Principal (Kepala SMA) : Muhammad Ridlo Rifa’I, Lc. M.Pd

C. Jenjang Pendidikan (Education Level):

1. KB dan TK (PAUD/ Preschool )

2. Sekolah Dasar (SD/ Primary)

3. Sekolah Menengah Pertama (SMP/ Secondary)

4. Sekolah Menengah Atas (SMA/ PreUniversity)

D. Kerjasama dan Afiliasi

IIS PSM menjalin kerjasama dengan beberapa instansi, yayasan, perusahaan dan organisasi dalam pengembangan kurikulum, manajemen sekolah dan pelayanan pendidikannya, yakni antara lain dengan:

1. Madrasah Al-Irsyad Zuhri Al-Islamiyah Singapura (Sister School)

2. BPLP Universitas Negeri Malang (Cambridge Center)

3. UMMI Foundation Surabaya (Standarisasi Bacaan dan hafalan Al Quran)

4. AIMSIS (SIAKAD)

5. NIEC (Konsultan Pendidikan Luar Negeri)

6. ITCC (Konsultan Pendidikan Luar Negeri)

7. Next Edu Indonesia (Konsultan Pendidikan)

E. Tenaga Pendidik & Kependidikan

Tenaga pendidik di IIS PSM adalah lulusan universitas terbaik dan telah lulus uji kompetensi bahasa inggris tingkat dasar dan menengah dari Cambridge University, Inggris dan 40% tenaga pendidik juga sudah memiliki setifikat mengajar tingkat internasional CICTT (Cambridge International Certificate for Teacher and Trainer). Proses perekrutan guru di IIS PSM diperketat mencakup tes Biah Islamiyah (keislaman), tes Bahasa asing (arab dan Inggris), kecakapan sosial dan beroganisasi, kompetensi pedagogi dan profesionalitas. Proses tes tersebut menghasilkan guru yang memiliki tingkat kompetensi yang unggul dan guru yang profesional serta berakhlakul karimah. Sekolah juga melakukan upgrading berkelanjutan bagi seluruh tenaga pendidik.

KELUAR