Minggu, 28 Nov 2021
  • Penerimaan Siswa Baru Islamic International School PSM Magetan Tahun Ajaran 2022/2023 ->Daftar

Lebih respon mana ? Gadget atau Orangtua ?

Lebih respon mana ? Gadget atau Orangtua ?

 

Writer : Dewi Islamie (Preschoolers’ Teacher)

ig         : @dewiislamie

email    : dewiislamie@gmail.com

 

Ini yang mendasari ketergantungan gadget pada anak. Seberapa respon Moms saat si kecil membutuhkan ?

Lebih responsif mana dengan gadget di tangan anak-anak kita yang ketika disentuh langsung bereaksi ? Yang ketika bosan langsung mereka cari.

Apa anak kita perlu 3x atau lebih hanya untuk meminta perhatian Moms ?

Kali ini kita akan cari tahu seberapa respon gadget saat anak sentuh ?

Anak rewel ? Turn on video.

Anak histeris ? Turn on game kesukaan.

Anak tantrum ? Pegangin HP.

Miris ? Iya..tapi kasus begini banyak koq Moms, jangan merasa down karena sudah terlanjur, ga cuma Moms yang mengalami. Mari kita tarik benang merah untuk solusi bersama.

First, coba tanya pada diri sendiri

Kapan muncul problem solving dari Moms ? Ketika anak rewel, bosen, histeris atau tantrum.

Menurut pakar psikologi perkembangan, anak sebenarnya haus pelukan ibu nya. Ketika dia rewel, bosen, histeris dan tantrum. Coba Moms, praktekin saat saat seperti itu langsung peluk mereka. Kalau pun sampai main tangan dan kaki, pegang kuat sebentar sampai marah mereka mereda tapi tetap dalam pelukan. Jangan malah ditinggal ya Moms. Beberapa kasus saat anak ditinggal, mereka merasa diabaikan dan tidak ada yang mampu memahami perasaan mereka. Mereka merasa sendiri dan akhirnya kembali ketergantungan ke gadget.

Menurut bunda Elly Risman juga waktu ada talk show parenting, beliau pernah bilang seberapa marahnya anak, coba Moms ikut menyelami perasaan mereka. Bayangkan bunda ada di posisi mereka dan ikut berempati terhadap keinginan mereka. Baru setelah mendapatkan kepercayaan mereka kita mulai sarankan atau beri pilihan sesuai yang kita arahkan untuk kebaikan mereka.

Jangan tanya pada orang lain ya Moms, “Koq anakku gini sih ?” coba pertanyaan itu Moms tanyakan pada diri sendiri.. Seberapa Moms memahami anak anak ? Moms lebih tahu dan lebih memahami anak Moms bukan orang lain. Coba berdamai dengan hati Moms dan mulai lah menjadi ibu yang bahagia bersama anak anak hebat. Mereka membutuhkan waktu, perhatian dan kasih sayang Moms bukan sentuhan gadget yang melenakan. Salam hangat memotivasi !

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR