Tips Membuat Soal Online di Google Drive

Oleh : Zubair

Dalam dunia pendidikan di zaman milenial ini sudah tidak asing lagi di sekitar kita dengan pemanfaatan media online sebagai sarana penunjang pendidikan. Salah satu aplikasi keren yang ditujukan untuk dunia pendidikan saat ini yaitu adanya media pembuatan quiz secara online di google drive, yaitu melalui google form. Dengan adanya media ini tentunya akan sangat membantu guru-guru di dunia dalam melakukan evaluasi materi-materi yang telah disampaikan ke peserta didik.

Penggunaan google form yang kemudian difungsikan untuk membuat quiz secara online atau lebih saya sukai dengan membuat soal online sangatlah mudah, bahkan orang awam pun selama mau membaca dan mencoba menu dan fitur-fitur yang ada pada google drive ini saya yakin pasti bisa membuatnya.

Kali ini, saya akan membahas cara membuat soal online di google drive melalui google form sebagai berikut:

  1. Login ke drive.google.com, kemudian klik tombol Baru – Lainnya – Google form.

drive1

  1. Tulislah judul soal, kemudian dipojok kanan atas, klik SETELAN – klik tab menu QUIZ – aktifkan fitur “Jadikan ini sebagai quiz”.

drive2

  1. Ketiklah soal pilihan ganda sesuai dengan kebutuhan. Untuk memasukan kunci jawaban dan jumlah skor tiap soal, silakan klik KUNCI JAWABAN.

drive3

  1. Kita bisa tulis nilai skor tiap soal, lalu klik pada opsi pilihan ganda yang menjadi kunci jawaban. Sampai tahap ini, kita telah selesai membuat soal online dengan google drive.

drive4

Demikian cara membuat soal online di google drive, semoga bermanfaat untuk dunia pendidikan di Indonesia. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *