Oleh Salsabil Muti’ Alifah Yusuf/Siswa Secondary 4

Marhaban Ya Ramadhan, Alhamdulillah kita masih diberi kesempatan untuk berjumpa lagi dengan bulan penuh ampunan dan kemuliaan. Dengan suasana yang sedikit berbeda, niat dan ibadah kita juga harus berbeda, menjadi lebih baik lagi dari tahun-tahun sebelumnya. Ramadan biasa dipandang sebagai bulan puasa yang secara ritual kita lakukan setiap tahun, tapi jika kita telaah dengan seksama akan ada banyak sekali ganjaran dari amal yang kita lakukan di bulan duratif ini. Munculnya hanya satu tahun sekali, maka jangan sampai kita menyesal karena tidak melakukan ikhtiar terbaik dalam mencapai ridho dan ampunan-Nya.

Di situasi pandemik seperti sekarang ini, mengharuskan kita bekerja, belajar dan beribadah di rumah. Dengan di rumah saja, menjadi peluang besar kita untuk lebih dekat dengan-Nya, habluminallah. Tapi jangan sampai kita lupa pada hubungan kita dengan sesama manusia. Seperti kata KH. Maimoen Zubair “Yang penting kita umat islam itu habluminallah harus dikuatkan dan habluminannas harus dijaga dengan baik”. Lalu bagaimana cara mempertahankan habluminannas di tengah Social Distancing seperti sekarang ini? Bagaimana cara kita bisa bertahan dalam kebermanfaatan, rantai tolong-menolong dan juga kebaikan?

Nah, di sini satu-satunya senjata defensif yang kita punya adalah “produktif”. Dengan berkarya dan menghasilkan sesuatu hal yang baik, akan membuat kita tetap menjaga runtutan kebaikan. Apalagi di bulan Ramadan yang apa-apanya selalu dilipat gandakan. Hanya bermodal tekad dan social media, mudah saja untuk melakukan produktivitas selama dirumah aja. Berikut adalah tips agar tetap produktif di bulan Ramadan selama pandemik :

  1. Atur jadwal ibadah dan bekerja

Lagi-lagi kembali pada habluminallah dan habluminannas yang harus seimbang. Waktu yang kita gunakan untuk beribadah dan mendekatkan diri pada-Nya ialah prioritas, tetapi kita tetap harus menjaga kepentingan dan hubungan sosial sesama manusia.

  1. Manfaatkan teknologi sebaik-baiknya

Selama di rumah aja, teknologi telah memberi kita banyak sekali manfaat. Nah, maka dari itu kita juga harus memberi manfaat melalui teknologi. Dengan melaui social media dengan mudah kita bisa menyebar kebermanfaatan pada sesama.

  1. Pilih tempat yang bisa buat kita fokus

Dalam proses berkarya, tentunya fokus sangat diperlukan. Cobalah mencari tempat yang tenang agar bisa mendapatkan ide-ide cemerlang dalam berkarya.

  1. Atur waktu untuk berinteraksi dengan rekan dan teman

Waktu luang saat bekerja atau bersekolah, biasanya kita gunakan untuk mengobrol atau sekedar basa-basi dengan rekan dan teman kita. Di situasi seperti ini hal itu tetap diperlukan, dengan chatting melalu whatsapp dan lain sebagainya. Meski terlihat tidak penting, tapi itu bisa membantu menghilangkan rasa bosan kita sejenak dan me-refresh pikiran kita.

  1. Tetap menjaga kesehatan

Poin ini jangan sampai dilupakan. Tetap menjaga kesehatan kita dengan hidup bersih dan makan makanan yang bergizi. Meningkatkan sistem imun, guna menghindari dan menjaga diri dari bahaya COVID-19.

Bagaimana? Sudah siap produktif? Di bulan Ramadan ini jangan sampai rasa bosan hanya bisa bikin kita rebahan. Cobalah untuk menjaga keterlibatan kita terhadap masyarakat dan juga sosial. Dengan begitu amalan kita di bulan Ramadan ini bukan hanya perihal dekat dengan Allah saja, tapi juga memberi manfaat dan pengaruh kepada sesama hamba-Nya.

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No announcement available or all announcement expired.