doa

Oleh : Faisal Syahrul Sa’bani/Siswa Preuniversity 1 (SMA Kelas XI)

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh dengan kemuliaan. Bulan di mana semua amalan diberikan ganjaran yang berlipat ganda. Amalan sekecil apa pun akan diganjar dengan pahala yang tidak bisa ditemukan dalam bulan-bulan lainnya. Di antara banyaknya keutamaan yang ada pada bulan Ramadhan, salah satunya adalah bulan dikabulkannya doa-doa. Hal ini selaras dengan hadits nabi yang berbunyi.
عن أبي هريرة رضي الله عنه قال، قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: ثلاث لا تُردّ دعوتهم: الصائم حتى يُفطر، والإمام العادل، ودعوة المظلوم
Dari Abu Hurairah Radhiallahu anhu ia berkata, Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda, “Ada tiga golongan yang tidak ditolak doanya,  orang berpuasa sampai berbuka, pemimpin yang adil dan orang yang dizalimi.” (Riwayat Ahmad, Tirmidzi dan Ibnu Majah)
Pada bulan yang penuh dengan kemuliaan ini, Allah memberikan nikmat di mana Allah tidak akan menolak doa orang yang sedang berpuasa. Dengan kata lain, bisa juga kita artikan bahwa doa orang yang berpuasa di bulan Ramadhan akan dikabulkan oleh Allah Swt. Namun, dalam hal ini perlu kita garis bawahi bahwa sejatinya manusia hanya dapat meminta dan berikhtiar, selebihnya Allah yang akan mengaturnya. Banyak cara yang Allah bisa lakukan untuk mengabulkan doa kita. Doa yang terkabul bukanlah doa yang menjadi kenyataan sesuai apa yang kita harapkan, namun lebih dari itu. Dari Abu Said, Rasulullah bersabda, “Tidaklah seorang Muslim berdoa kecuali Allah akan memberikan salah satu di antara tiga perkara ini: bisa dengan disegerakan mewujudkan permintaannya, atau bisa juga ditabungkan di akhirat, atau Allah memalingkan dia dari musibah yang sepadan dengan doa yang ia minta.” (Riwayat Ahmad).
Dalam berdoa, kita semua pasti berharap doa yang kita kabulkan akan di-ijabah oleh Allah Swt. Allah SWT Maha Kuasa dalam mengabulkan doa. Allah mengabulkan doa pada orang yang dikehendakinya. Namun, pertanyaannya, siapakah orang yang dikehendaki itu? Disebutkan dalam suatu hadits, bahwa ada syarat-syarat terkabulkannya sebuah doa. Syarat dikabulkannya suatu doa adalah yakin, sungguh-sungguh, dan tidak tergesa-gesa. Makna tergesa gesa dalam hal ini adalah ingin doanya segera dikabulkan oleh Allah Swt. Oleh karena itu, jika doa kita belum sesuai dengan apa yang kita harapkan, maka jangan berburuk sangka pada Allah. Allah pasti mengabulkan dengan cara-Nya yang terbaik. Karena dalam berdoa, kita tidak hanya meminta kepada Allah Swt. untuk memenuhi kebutuhan kita, melainkan, kita juga beribadah kepada Allah. Doa adalah ibadah dan Allah Swt. suka kepada hamba-Nya yang rajin berdoa, dan membenci hamba-Nya yang malas berdoa.
Dalam bulan Ramadhan ada tiga utama di-ijabahnya sebuah doa. Di antara waktu-waktu tersebut adalah pertama saat sahur yang sesuai dengan hadits, “Doa dan istighfar di waktu sahur mudah dikabulkan.” (Fath Al-Bari, 3: 32), waktu kedua adalah waktu saat berpuasa. Imam Nawawi rahimahullah berkata, “Disunnahkan orang yang berpuasa untuk memperbanyak doa demi urusan akhirat dan dunianya, juga ia boleh berdo’a untuk hajat yang ia inginkan, begitu pula jangan lupakan do’a kebaikan untuk kaum muslimin secara umum.” (Al-Majmu’, 6: 273). Waktu terakhir adalah ketika menjelang berbuka puasa. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda; “Ada tiga orang yang doanya tidak ditolak : (1) Pemimpin yang adil, (2) Orang yang berpuasa ketika dia berbuka, (3) Doa orang yang terzalimi.” (HR. Tirmidzi no. 2526, 3598 dan Ibnu Majah no. 1752. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini hasan).
Begitu banyaknya nikmat berdoa yang sudah diberikan oleh Allah Swt. di bulan Ramadhan. Oleh karena itu, mari kita manfaatkan waktu di bulan Ramadhan ini untuk berdoa dan bermunajat kepada-Nya. Dengan niat beribadah dan meminta serta dengan memenuhi syarat dan berdoa di waktu yang diijabah, semoga doa kita semua dikabulkan Allah Swt. Terutama dalam kondisi di tengah pandemi seperti ini, marilah kita semua berdoa agar pandemi ini segera berakhir dan tuntas. Wallahu A’lam.

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No announcement available or all announcement expired.