Hari Senin hingga Jumat (12-16 Maret 2018), siswa-siswi SMA IIS PSM Magetan mengikuti kegiatan Public Service di beberapa lembaga/instansi di Kabupaten Magetan dan Madiun. Kegiatan ini diadakan dengan tujuan untuk mengisi waktu liburan (term break 3) agar lebih bermanfaat serta memberikan pengalaman untuk melayani masyarakat secara langsung. Siswa-siswi Secondary 4 dan Preuniersity disebar ke beberapa lokasi yaitu Dinas Sosial Kabupaten Magetan, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Magetan, UPT Pelayan Sosial Lanjut Usia “Tresna Werdha” Dinas Sosial Kabupaten Magetan, Dinas Kearsipan dan Perpustajaan Kota Madiun, Masjid Agung “Baitussalam” Kabupaten Magetan, dan Panti Asuhan Muhammadiyah Kabupaten Magetan.

Saat dikunjungi teamPR, siswa-siswi yang bertugas di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Magetan terlihat sedang berada di depan komputer untuk membantu pengunjung menuliskan biodata tamu. Mereka menceritakan beberapa pengalaman selama beberapa hari berada di Perpustakaan Kabupaten Magetan, salah satunya adalah belajar tentang kearsipan serta memperbaiki peta Kabupaten Magetan di Depo Arsip yang terletak di basement Perpustakaan. Selain itu, Fatin, salah satu siswa yang berasal dari Malaysia, mendapat kesempatan untuk memberikan pengalam bersekolah di Indonesia serta bercerita kepada murid-murid TK yang sedang berkunjung. Mereka terlihat bersemangat mengikuti kegiatan Public Service tahun ini.

Selain mengunjungi Perpustakaan Kabupaten Magetan, teamPR juga mengunjungi UPT Pelayan Sosial Lanjut Usia “Tresna Werdha” Dinas Sosial Kabupaten Magetan. Saat dikunjungi, para siswi yang bertugas terlihat sedang berjalan menggandeng para lansia menuju gedung pertemuan untuk mengikuti kegiatan yang diadakan UPT Pelayan Sosial Lanjut Usia “Tresna Werdha”. Menurut salah seorang petugas, siswa-siswi IIS PSM Magetan sangat aktif dalam membantu para lansia untuk mengikuti kegiatan harian. Mereka disebar ke beberapa wisma yang masing-masing berisi sekitar 10 orang lansia. Mereka bersama-sama merawat dan memperlakukannya seperti kakek dan nenek mereka sendiri. Selain itu, mereka juga mengikuti aktivitas seperti membuat karya kreativitas dan mengikuti senam pagi. Petugas UPT Pelayan Sosial Lanjut Usia “Tresna Werdha” merasa senang dengan adanya siswi-siswi IIS PSM Magetan selama melakukan Public Service. Para siswi juga mengungkapkan bahwa mereka mendapatkan pengalaman yang berharga karena dapat melakukan pelayananan masyarakat secara langsung. Selain di Perpustakaan Kabupaten Magetan dan UPT Pelayan Sosial Lanjut Usia “Tresna Werdha” , kegiatan di lembaga/instansi lain juga beragam serta memberikan pengalaman dan pembelajaran bagi masing-masing siswa yang mengikuti.

Alhamdulillah. Semoga kegiatan ini dapat berlanjut dan bermanfaat bagi siswa-siswi IIS PSM Magetan dalam menanamkan karakter melayani dan peduli sesama. Aamiin.

WhatsApp Image 2018-03-12 at 19.06.07

Kegiatan bercerita di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Magetan

Kegiatan bercerita di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Magetan

Bantuan Rumah Roboh di Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan

Bantuan Rumah Roboh di Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan

Memasang Karpet di Masjid Baitussalam Kabupaten Magetan

Memasang Karpet di Masjid Baitussalam Kabupaten Magetan

Mengikuti senam pagi bersama lansia di UPT Pelayan Lanjut Usia "Tresna Werdha" Kabupaten Magetan

Mengikuti senam pagi bersama lansia di UPT Pelayan Lanjut Usia “Tresna Werdha” Kabupaten Magetan

 

Mengikuti pelatihan membuat keset bersama lansia di UPT Pelayan Khusus Lanjut Usia "Tresna Werdha"

Mengikuti pelatihan membuat keset bersama lansia di UPT Pelayan Sosial Lanjut Usia “Tresna Werdha”

Semoga kegiatan Public Service ini dapat bermanfaat untuk meningkatkan rasa peduli terhadap sesama. Aamiin

Semoga kegiatan Public Service ini dapat bermanfaat untuk meningkatkan rasa peduli terhadap sesama. Aamiin

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *