Hari Jumat dan Sabtu, 19-20 Januari 2018, Departement Al-Quran dan Hadits (Alqis) mengadakan kegiatan Alqis Camp. Alqis Camp adalah kegiatan tambahan yang bertujuan untuk menambah hafalan Alquran bagi siswa-siswi Tahfidz. Kegiatan ini diperuntukkan bagi siswa-siswi secondary 1 dan secondary 2. Namun tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, kali ini kegiatan Alqis Camp dilaksanakan di alam. Sebelumnya, kegiatan Alqis Camp ini mirip seperti kegiatan “mondok” dan dilaksanakan di sekolah ataupun menginap di Pondok Pesantren, untuk tahun ini Alqis Camp berlokasi di Bukit Sekipan, Tawangmangu, Jawa Tengah.

Rombongan peserta berangkat dari sekolah pada hari Jumat sekitar pukul 2 siang dan sampai di lokasi pukul 4 sore. Kegiatan sore hari hingga malam hari berpusat di tenda yang telah didirikan. Kegiatan sore itu berpusat pada hafalan Al-Quran yaitu menghafal surat Al Kahfi sebanyak 10 ayat dan juga belajar Al-Quran dengan metode Talaqqi. Metode Talaqqi adalah metode yang mengajarkan peserta untuk menghafalkan Al-Qur’an dengan memperhatikan gerak hpw bibir pengajar untuk mendapatkan pengucapan makhraj yang benar. Saat malam menjelang, peserta mendapatkan materi motivasi serta tips hafalan dari ustadzah Erniati.

WhatsApp Image 2018-01-19 at 22.51.06

Paginya, peserta mempelajari tahsin serta melanjutkan hafalan surat Al-Kahfi. Secara keseluruhan, siswa mampu menghafalkan kurang lebih 5 ayat dari surat Al Kahfi. Mengakhiri kegiatan AlQis Camp, peserta berjalan-jalan mendaki bukit menuju air terjun. Peserta kemudian berkemas untuk pulang ke Magetan pukul 12 siang dan sampai di sekolah pukul setengah 2 sore. Alhamdulillah, menurut Mr Novi selaku EO kegiatan, melalui kegiatan ini siswa dapat memperkuat hafalan Al-Quran selain itu siswa juga dapat merfresh pikiran dan menyatu dengan alam. Mr Novi berharap agar peserta di tahun-tahun selanjutnya dapat lebih semangat mengikuti kegiatan dan lebih semangat menghafalkan Al-Quran.

WhatsApp Image 2018-01-20 at 11.31.05

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No announcement available or all announcement expired.