Mengawali kegiatan di tahun 2018, pada tanggal 6 Januari 2018, siswa-siswi kelas 5 mengikuti kegiatan sekolah yang diberi nama Science Day. Science Day adalah kegiatan tahunan yang diadakan oleh Departemen Math and Science (M & S). Di tahun 2018 ini, siswa-siswi Primary 5 mengikuti Science Day yang diadakan di Kebun Teh Jamus, Ngawi, Jawa Timur.

Rombongan peserta berangkat dari sekolah pukul 8 pagi. Sesampainya di lokasi, peserta mengikuti outbond yang dipandu oleh guide dari PT Candi Loka. PT Candi Loka adalah perusahaan yang mengelola perkebunan, mulai dari penanaman teh, perawatan, hingga produksi teh itu sendiri. Setelah pemanasan pada kegiatan outbond, peserta mengikuti kegiatan Studi Lapang, yaitu sejarah Kebun Teh Jamus serta sejarah teh yang ada di Indonesia. Selain belajar tentang sejarah, siswa juga belajar cara menyeduh teh Jamus yang benar. FYI, rasa teh yang berada di Kebun Teh Jamus ini memiliki rasa kopi yang sedikit lebih kuat dari teh yang lain. Menurut guide PT Candi Loka, daun teh di Kebun Teh Jamus ini memiliki kandungan caffeine sekitar 7%, karena itu cara menyeduhnya harus benar sehingga dapat memunculkan cita rasa tersebut.

Siswa belajar mengenai sejarah teh dengan guide

Siswa belajar mengenai sejarah teh dengan guide

Setelah menimba ilmu yang banyak mengenai sejarah dan cara menyeduh teh, peserta kemudian dibawa menuju Gudang Produksi Teh PT Candi Loka. Disana peserta dapat melihat mesin-mesin yang digunakan untuk mengubah daun teh segar menjadi dauh teh kering siap seduh. Alhamdulillah, dari kunjungan ini siswa memperoleh banyak pelajaran dan pengalaman baru. Peserta kemudian pulang menuju Magetan pada pukul 14.00 WIB.

Belajar produksi teh di pabrik

Belajar produksi teh di pabrik

Mdm Dwi, selaku panitia dan juga guru science mengungkapkan bahwa Science Day tahun ini sangat interesting. Dari kunjungan tersebut siswa dapat melihat mesin-mesin pembuat teh yang sesuai dengan materi Science 21th Century. Mdm Dwi juga mengungkapkan harapannya agar Science Day di tahun-tahun mendatang lebih bisa mengeksplor pengetahuan science dengan kemasan yang lebih menarik dan scientist.

Di Kebun Teh Jamus, Ngawi

Di Kebun Teh Jamus, Ngawi

WhatsApp Image 2018-01-22 at 19.27.39(1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No announcement available or all announcement expired.