Alhamdulillah tahun ini, SD IIS PSM mendapatkan penghargaan Adiwiyata tingkat provinsi. Pada tahun 2014, SD IIS PSM mulai mempersiapkan diri kemudian mengajukan sebagai sekolah adiwiyata tingkat kabupaten dan akhirnya mendapatkan penghargaan Sekolah Adiwiyata Kabupaten pada awal tahun 2016. Namun sebelumnya, apakah Adiwiyata itu?

Vertikal Garden di SD IIS PSM Magetan

Vertikal Garden di SD IIS PSM Magetan

Adiwiyata adalah salah satu program Kementrian Lingkungan Hidup dalam upaya rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Dalam program ini diharapkan setiap warga sekolah dapat ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat dan menghindarkan dampak lingkungan yang negatif, menjadi sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan.

Tujuan Program Adiwiyata adalah menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah agar menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah (guru, murid dan pekerja lainnya), sehingga dikemudian hari warga sekolah tersebut dapat turut bertanggung jawab dalam upaya – upaya penyelamatan lingkungan dan pembangunan berkelanjutan. Program Adiwiyata dikembangkan berdasarkan norma – norma dalam berperikehidupan yang antara lain meliputi: kebersamaan, keterbukaan, kesetaraan, kejujuran, keadilan, dan kelestarian fungsi lingkungan hidup dan sumber daya alam.

Empat komponen yang harus menjadi perhatian sekolah untuk dikelola dengan cermat dan benar apabila mengembangkan Program Adiwiyata yakni ; Kebijakan Berwawasan Lingkungan, Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Lingkungan, Kegiatan Partisipatif Lingkungan, dan Pengelolaan Sarana Prasarana pendukung ramah lingkungan. Sehingga secara terencana pengelolaan aspek-aspek tersebut harus diarahkan pada indikator yang telah ditetapkan dalam program Adiwiyata. (sumber)

Setelah mendapatkan penghargaan Adiwiyata tingkat Kabupaten di tahun 2016, pada tahun ini SD IIS PSM Magetan kembali menyiapkan berbagai macam hal untuk mengikuti seleksi tingkat Provinsi, salah satunya kegiatan partisipatif yang melibatkan seluruh anggota sekolah. Untuk para guru, diharapkan dalam pengajaran di kelas, semuanya dapat mengintegrasikan lingkungan hidup ke dalam materi yang diajarkan. Selain pembelajaran, diharapkan seluruh warga juga peduli terhadap Sampah, Energi, Keanekaragaman Hayati, Air dan Makanan (SEKAM).

Selain guru dan staff, beberapa kegiatan partisipatif juga diadakan untuk siswa. Kegiatan terebut antara lain Pameran Hasil kreasi sampah siswa, sosialisasi pemilahan sampah, peringatan Earth Day, pengelolaan Green House, Lomba Kebersihan dan Kreativitas Kelas, sedekah sampah serta Bank Sampah. Kegiatan Lomba Kebersihan Kelas dinilai setiap bulan. Kelas yang paling bersih dan paling rapi akan mendapatkan bendera berwarna hijau yang akan dipajang di depan kelas. Sedangkan kelas yang tidak bersih dan tidak rapi akan mendapatkan bendera merah. Pemberian bendera yang akan dipajang di depan kelas ini akan memacu siswa untuk lebih giat dan lebih rajin menjaga kelasnya.

Bendera Merah dan Hijau untuk Lomba Kebersihan dan Kreativitas Kelas

Bendera Merah dan Hijau untuk Lomba Kebersihan dan Kreativitas Kelas

SD IIS PSM Magetan juga memiliki Bank Sampah yang digunakan untuk menabung sampah siswa dan menukarkan sampah atau barang bekas dengan reward berupa makanan ringan(snack).  Petugas Bank Sampah ini adalah siswa-siswi Primary 5. Hal ini dapat mengajarkan bahwa sampah masih mempunyai nilai ekonomi dan juga masih bisa bermanfaat untuk didaur ulang. Hal ini juga berkaitan dengan poin sarana dan prasarana Sekolah yang mana SD IIS PSM Magetan lebih memilih untuk menggunakan barang yang Reuse, Reduce, Recycle , salah satu contohnya adalah penggunaan kertas-kertas bekas yang masih bisa dipakai.

Alhamdulillah, setelah proses perjuangan yang dilalui bersama, SD IIS PSM Magetan mendapatkan penghargaan Adiwiyata Provinsi. Penyerahan penghargaan diberikan pada Selasa, 28 November 2017, bertempatan dengan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional (HCPSN) di Taman Safari Indonesia, Prigen, Kabupaten Pasuruan. Penghargaan diberikan langsung oleh asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi Jawa Timur, Fattah Jasin. Penghargaan diterima oleh Mr Puji Santoso selaku Kepala SD IIS PSM Magetan. Kegiatan tersebut juga diikuti oleh Team Adiwiyata SD IIS PSM Magetan serta perwakilan dari DLH Kabupaten Magetan.

Mr Puji saat menerima penghargaan Aiwiyata Provinsi

Mr Puji saat menerima penghargaan Adiwiyata Provinsi

Ibu Endah (perwakilan DLH Kabupaten Magetan) bersama Mr Puji dan Mr Hendri (Kepala Sekolah dan Ketua program Adiwiyata SD IIS PSM Magetan)

Ibu Endah (perwakilan DLH Kabupaten Magetan) bersama Mr Puji dan Mr Hendri (Kepala Sekolah dan Ketua program Adiwiyata SD IIS PSM Magetan)

Ketika ditemui Team Public Relation sekolah, Mr Hendri selaku Ketua Team Adiwiyata menyampaikan harapannya agar warga sekolah dapat lebih mencintai dan peduli dengan lingkungan sekolah, “Alhamdulillah, sejauh ini kita sudah mendapatkan penghargaan di tingkat Provinsi. Tetapi kita tidak harus berpuas diri, karena itu hanya bonus dari Allah, jadi poin yang paling penting adalah ikhtiar atau usaha kita untuk bisa berteman dan menjaga alam. Sejauh ini setelah mendapat penghargaan provinsi, masih banyak sekali tugas untuk seluruh anggota sekolah, yaitu bagaimana kita bisa mencintai lingkungan dengan sebenar-benarnya. Tugas kita ke depan adalah kita harus memantaskan diri untuk mencintai alam, tidak hanya mengejar penghargaan. Sekolah kita ini seperti rumah kita yang kedua, kita bisa menghirup udara segar dan beraktivitas di alam sekolah kita, jadi harus kita jaga sebaik-baiknya”, ungkapnya.

Mr Puji and Adiwiyata's Team

Mr Puji and Adiwiyata’s Team

Selamat kepada SD IIS PSM Magetan, penghargaan ini tentunya tidak terlepas dari kontribusi seluruh warga IIS PSM Magetan. Semoga kita dapat selalu mengaplikasikan cinta lingkungan di dalam kehidupan sehari-hari. Aamiin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *