Sabtu, 18 November 2017, Departemen Math and Science mengadakan sebuah acara yang diberi nama Market Day. Market Day dilaksanakan di Blok M yang terletak di depan gedung sekolah IIS PSM Magetan. Acara ini diikuti oleh siswa-siswi Primary 2 dan Secondary 1. Market Day dilaksanakan dengan tujuan untuk mengaplikasikan ilmu yang sudah didapatkan siswa di dalam kelas, seperti menghitung uang dan strategi marketing atau pemasaran. Di dalam kegiatan Market day ini terdiri dari stan-stan jualan yang nantinya akan dilombakan dan diambil pemenangnya dari beberapa kategori

suasana Market Day 2017

suasana Market Day 2017

Kegiatan Market Day berlangsung dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 10.00 WIB. Sejak pukul 7 pagi, siswa-siswi primary 2, secondary 1, serta masing-masing teachers pendamping di setiap kelompok, sudah bersiap mendekorasi stan tempat berjualan dan menyiapkan dagangan yang akan dipasarkan. Setelah acara resmi dibuka oleh Mr. Puji, para siswa dan siswi langsung memasarkan makanannya serta menarik pengunjung dengan cara yang berbeda-beda.  Makanan dan minuman yang dijual bermacam-macam, seperti es krim, jamur krispi, jagung susu keju, susu, dan lain-lain.

Salah seorang siswa sedang melayani pelanggan es krim nya

Salah seorang siswi sedang melayani pelanggan es krim nya

Setelah hampir satu setengah jam berlalu, makanan dan minuman yang dipasarkan oleh siswa siswi primary 2 dan secondary 1 ini akhirnya habis terjual, dan inilah saat penentuan pemenang dari masing-masing kategori. Kategori yang dilombakan dalam Market Day tahun ini yaitu Ecogreen Group, Favorite Group, Creative Group, dan Best Group.

  • Kategori pemenang Ecogreen Group yaitu kelompok yang menggunakan bahan-bahan yang alami, dan kelompok ini dimenangkan oleh kelompok Ms Sari yang menggunakan daun pisang sebagai tempat makanannya.
  • Favorite Group diambil dari suara terbanyak dari pengunjung. Pengambilan suara ini dilakukan dengan cara pengunjung memasukkan stiker bergambar jempol ke dalam gelas-gelas bernomor kelompok yang sebelumnya sudah disiapkan oleh panitia. Dan pemenang dari favorite group ini adalah Kelompok Mr Zubair.
  • Selanjutnya adalah Creative Group. Kategori pemenang dari Group ini dilihat dari cara kelompok menghias stan jualan, ide dan nama makanan atau minuman yang dijajakan, serta cara grup menarik pengunjung agar mau membeli dagangan mereka. Pemenang dari Creative Group ini adalah kelompok Mr Sofyan.
  • Kategori terakhir adalah Best Group. Kelompok yang mendapatkan predikat Best Group ini adalah kelompok yang melaksanakan perdagangan sesuai dengan job desk yang sudah ditentukan oleh panitia. Job desk tersebut antara lain teachers yang berperan sebagai pendamping, siswa primary 2 yang menarik pengunjung serta menerima uang dan menghitung uang kembalian, serta siswa-siswi secondary 1 yang memberikan ide penjualan dan melaksanakan strategi marketing.
Gelas-gelas yang digunakan untuk memberikan suara di kategori Favorite Group

Gelas-gelas yang digunakan untuk memberikan suara di kategori Favorite Group

Usai pengumuman, masing masing kelompok pemenang diberi award dan melakukan sesi foto bersama. Akhirnya acara ditutup pada pukul 10.00 WIB dengan doa. “Alhamdulillah, Market Day tahun ini berjalan lancar dan sesuai rencana. Semoga Market Day tahun depan dapat dilaksanakan di tempat yang lebih luas dan dapat menjangkau lebih banyak peserta dan pengunjung stan.”, ungkap Miss Emi selaku OIC (Officer In Charge) Market Day 2017.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *