Pada hari Senin, 23 Oktober 2017, IIS PSM Magetan mendapatkan kunjungan dari SMP Tazkia International Islamic Boarding School, Malang. Rombongan berjumlah 5 orang yaitu para ustadz bagian boarding. Rombongan tiba di IIS PSM Magetan pukul 08.00. Setibanya di sekolah, rombongan langsung disambut dan berfoto bersama. Setelah berfoto, rombongan menuju Conference Room untuk mendapatkan sambutan dan materi dari Mr. Puji selaku direktur IIS PSM dan juga materi mengenai boarding dari Ustadz Muham dan Ustadzah Erni.

Rombongan dari SMP Tazkia IIBS Malang

Rombongan dari SMP Tazkia IIBS Malang

Ustadz Muham selaku MC dan juga pemateri membuka acara pada puku 08.25 WIB. Materi pertama yang disampaikan adalah mengenai school profile dan school management dari Mr. Puji. Setelah itu, Ustadz Muham mulai menyampaikan materi tentang boarding di IIS mulai dari jadwal kegiatan di boarding, hingga kegiatan tahfidz.

Usai penyampaian materi, dibuka sesi tanya jawab. Pertanyaan yang cukup menarik adalah mengenai jadwal kegiatan malam siswa-siswi boarding, yaitu bagaimana cara mendisiplinkan siswa dan siswi agar tidur tepat waktu setelah sholat Isya atau paling lambat pukul 20.00 WIB. Ustadz Muham menyampaikan bahwa hal tersebut pada awalnya memang tidak mudah dilakukan. Namun karena tidur setelah Isya dan bangun tengah malam sudah dicontohkan Nabi Muhammad SAW sejak jaman dahulu, maka kegiatan tersebut tidaklah terlalu sulit untuk dibiasakan. Setelah tidur pukul 20.00 WIB dan harus bangun pukul 00.00 WIB, siswa-siswi bisa merasakan segar kembali dan dapat melakukan sholat malam dan juga tahfidz dengan keadaan segar. Siswa dan Siswi borading kembali diberikan waktu tidur dari jam 02.00 WIB hingga pukul 04.00 WIB. Dengan jadwal seperti ini, siswa dan siswi boarding tidak merasakan kantuk ketika pelajaran di sekolah dan bisa mengikuti pelajaran dengan fokus.

Pada akhirnya pemberian materi dan sesi tanya jawab selesai pada pukul 10.02 WIB. Kegiatan ditutup dengan pemberian kenang-kenangan dan kemudian observasi ke lingkungan boarding. Alhamdulillah, terimakasih atas kunjungan ustadz-ustadz dari Tazkia International Islamic Boarding School, Malang. Semoga kunjungan ini dapat memberikan manfaat. Aamiin.

pemberian kenang-kenangan dari SMP Tazkia

pemberian kenang-kenangan dari SMP Tazkia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *