Senin, 16 Oktober 2017, IIS PSM Magetan mendapatkan kunjungan dari Al-Irsyad Satya Bandung (AIS Bandung). Setelah sebelumnya, IIS PSM Magetan yang mengunjungi Bandung, kali ini kunjungan balik dilakukan oleh beberapa siswa dan guru dari sekolah yang terletak di daerah Padalarang tersebut. Kunjungan ini bertujuan untuk saling bertukar informasi dan budaya antar siswa maupun guru. Rombongan berjumlah 19 orang (15 siswa dan 4 guru) tersebut tiba di stasiun Madiun pada hari Senin dini hari. Rombongan langsung diantar menuju IIS PSM untuk beristirahat di boarding untuk siswa dan guest house untuk guru.

Day 1

Hari pertama, para siswa AIS Bandung mengikuti kegiatan pertama mereka, yaitu sholat dhuhur berjamaah. Setelah melaksanakan sholat dhuhur, siswa-siswi melakukan perkenalan di Mushola. Mereka memperkenalkan nama dan kelas masing-masing, serta dikenalkan dengan buddies, yaitu siswa-siswi IIS PSM yang akan menemani mereka lebih intens. Hari pertama hanya dilakukan perkenalan dan welcoming untuk para siswa dan siswi dari AIS.

Siswi-siswi Al Irsyad Satya Bandung

Siswi-siswi Al Irsyad Satya Bandung

Siswa-siswa Al Irsyad Satya Bandung

Siswa-siswa Al Irsyad Satya Bandung

Day 2

Hari kedua, siswa dan guru AIS Bandung mulai mengikuti aktivitas IIS PSM seperti biasa. Sedari pagi, siswa dan guru mengikuti morning activity, asembly, hingga mengikuti pelajaran sesuai dengan kelas masing-masing. Malam harinya, diadakan dinner “sate kelinci” di Sarangan, Magetan. Sensasi makan sate di pinggir telaga, pada malam hari, diharapkan mampu membuat hubungan semakin akrab.

Siswi-siswi AIS Bandung terlihat serius mengikuti pelajaran bersama teman-teman dari IIS

Siswi-siswi AIS Bandung terlihat serius mengikuti pelajaran bersama teman-teman dari IIS

Siswa muslim juga terlihat serius mengikuti pelajaran

Siswa muslim juga terlihat serius mengikuti pelajaran

Day 3

Hari ketiga, siswa dan guru AIS Bandung mengikuti aktivitas sekolah seperti biasa. Siswa dan siswi dari AIS Bandung kembali mengikuti kegiatan di boarding, morning activity, asembly, dan pelajaran di kelas. Menurut Asyifa, salah satu siswi dari AIS Bandung, kegiatan yang ada di sekolah kurang lebih sama dengan di sekolahnya. Namun, yang membuat mereka merasa terkesan dan senang adalah pengalaman tinggal di boarding. Ia mengatakan bahwa hal yang paling membuat mereka kaget saat pertama kali mengikuti kegiatan boarding adalah ketika dibangunkan jam 12 malam untuk sholat malam dan hafalan Al Quran. Tetapi ia mengaku senang mengikuti kegiatan dan ia juga merasa nyaman berada di boarding bersama teman-teman barunya.

Kegiatan menghafal Al-Quran di boarding

Kegiatan menghafal Al-Quran di boarding

Day 4

Hari keempat, siswa dan guru AIS Bandung mengikuti Fun Trip ke Grojogan Sewu dan Mojosemi didampingi oleh teachers IIS. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan pariwisata yang ada di Magetan dan juga untuk menyegarkan kembali pikiran sebelum kembali ke Bandung.

Fun Trip di Mojosemi dan Tawangmangu

Fun Trip di Mojosemi dan Tawangmangu

Day 5

Hari Jumat, 20 Oktober, adalah hari terakhir kunjungan siswa-siswi dan guru-guru dari AIS Bandung ke IIS PSM Magetan. Terimakasih teman-teman dari AIS, semoga kunjungan ini dapat memberikan manfaat dan pengalaman baru bagi sekolah Al-Irsyad Bandung dan juga Islamic International School PSM Magetan. Aamiin..

Rombongan dari Al-Irsyad Bandung

Rombongan dari Al-Irsyad Bandung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *