Pada tanggal 25 September 2017, siswa siswa Pre University (25 orang) dan beberapa siswa siswa Secondary (14 orang), beberapa guru serta staff mengadakan kunjungan ke Konsulat Jenderal Jepang dan juga American Center yang berada di Kota Surabaya. Kunjungan ini bertujuan untuk membuka wawasan siswa mengenai dunia perkuliahan di Jepang dan Amerika.

Rombongan IIS PSM Magetan tiba di Konsulat Jenderal Jepang pada pukul 09.30 WIB, kemudian acara dimulai pada pukul 10.00 WIB. Setibanya disana, peserta disambut oleh staff bagian pendidikan, yaitu Ibu Indah dan Keigo-San yang merupakan warga negara asal Jepang. Untuk mengawali kegiatan, peserta diberikan video tentang aktivitas sekolah, dan budayadi Jepang. Setelah itu, peserta diberikan informasi mengenai beasiswa Monbukagakusho. Beasiswa Monbukagakusho adalah beasiswa dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olah Raga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Jepang (Monbukagakusho/ MEXT). Beasiswa ini meliputi biaya studi dan biaya hidup, tanpa ikatan apapun. Selain itu, siswa juga dikenalkan tentang Universitas yang banyak peminatnya, ada juga info mengenai Education Fair yang setiap tahunnya diadakan di Surabaya. Dari pemaparan info yang telah diberikan, ternyata cukup banyak siswa siswi yang tertarik dan mengajukan beberapa pertanyaan. Ibu Indah juga memaparkan bahwa untuk mendapatkan beasiswa itu, syaratnya hanya satu yaitu belajar.

Selanjutnya, rombongan menuju kampus UNAIR untuk mengunjungi perpustakaan umum yang sudah bekerja sama dengan American Center. Disana, siswa mendapatkan informasi dari Pak Purba, staff bagian pendidikan. Hampir sama dengan Konsulat Jenderal Jepang, peserta mendapatkan informasi mengenai beasiswa yang ada di Amerika.

Kunjungan ini diharapkan mampu membuka wawasan dan informasi siswa-siswi tentang tingginya tingkat persaingan setelah lulus dari SMA, selain itu setelah mendapatkan informasi, siswa-siswi juga diharapkan memiliki semangat belajar yang lebih tinggi untuk meraih cita-citanya. Semangat!

rombongan IIS PSM Magetan bersama Ibu Indah dan Keigo-san

rombongan IIS PSM Magetan bersama Ibu Indah dan Keigo-san

Pemberian kenang-kenangan oleh Mr Puji kepada Keigo-san

Pemberian kenang-kenangan oleh Mr Puji kepada Keigo-san

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *