IIS PSM Magetan baru-baru ini melaksanakan imunisasi campak dan rubella atau imunisasi MR (Measles Rubella). Imunisasi ini lebih dulu diberikan pada siswa-siswa level Secondary pada tanggal 11 Agustus 2017, sedangkan untuk siswa-siswi level Pre-School baru dilaksanakan pada 22 Agustus 2017. Pelaksanaan imunisasi MR ini dilakukan oleh Puskesmas sesuai dengan kampanye yang gencar disampaikan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Mengenal Penyakit Campak Rubella

Campak merupakan penyakit yang sangat mudah menular yang disebabkan oleh virus dan ditularkan melalui batuk dan bersin. Gejala penyakit campak adalah demam tinggi, bercak kemerahan pada kulit (rash) disertai dengan batuk dan/atau pilek dan/atau konjungtivitis akan tetapi sangat berbahaya apabila disertai dengan komplikasi pneumonia, diare, meningitis dan bahkan dapat menyebabkan kematian. Penyakit ini sangat berpotensi menjadi wabah apabila cakupan imunisasi rendah dan kekebalan kelompok/herd immunity tidak terbentuk. Ketika seseorang terkena campak, 90% orang yang berinteraksi erat dengan penderita dapat tertular jika mereka belum kebal terhadap campak. Seseorang dapat kebal jika telah diimunisasi atau terinfeksi virus campak.

Rubella adalah penyakit akut dan ringan yang sering menginfeksi anak dan dewasa muda yang rentan. Akan tetapi yang menjadi perhatian dalam kesehatan masyarakat adalah efek teratogenik apabila rubella ini menyerang pada wanita hamil pada trimester pertama. Infeksi rubella yang terjadi sebelum konsepsi dan selama awal kehamilan dapat menyebabkan abortus, kematian janin atau sindrom rubella kongenital (Congenital Rubella Syndrome/CRS) pada bayi yang dilahirkan.

Tujuan Pelaksanaan Imunisasi MR (Measles Rubella)

Pelaksanaan Imunisasi MR yang sedang gencar dikampanyekan ini memiliki tujuan yaitu:
1) Meningkatkan kekebalan masyarakat terhadap campak dan rubella secara cepat,
2) Memutuskan transmisi virus campak dan rubella,
3) Menurunkan angka kesakitan campak dan rubella, dan
4) Menurunkan angka kejadian CRS.

Pelaksanaan di IIS PSM Magetan

Pelaksanaan imunisaisi MR di IIS PSM Magetan berjalan lancar dengan berbagai reaksi dari siswa-siswi. Beberapa terlihat tenang, beberapa terlihat takut dan panik. Untuk siswa-siswi Pre-School, beberapa didampingi oleh orangtuanya, dan beberapa lainnya sudah berani diimunisasi sendiri. Setelah mendapatkan imunisasi, siswa-siswi diberikan tinta di tangan untuk menandai bahwa mereka telah selesai diimunisasi.

muslimah terlihat tenang saat diberikan imunisasi

muslimah terlihat tenang saat diberikan imunisasi

Muslimah terlihat panik saat diberikan imunisasi

Muslimah terlihat panik saat diberikan imunisasi

Peserta diberi tinta di tangannya untuk menandai bahwa mereka telah selesai diimunisasi

Peserta diberi tinta di tangannya untuk menandai bahwa mereka telah selesai diimunisasi

Semoga dengan pelaksanaan imunisasi MR ini, siswa-siswi IIS PSM Magetan dapat terhindar dari penyakit sehingga dapat mendapatkan pembelajaran dengan baik. Aamiin.

Sumber Informasi:

Petunjuk Teknis Kampanye Imunisasi MR (Measles Rubella) oleh Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Kementerian Kesehatan RI 2017.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *