School Profile

Sekilas tentang Islamic International School PSM

upacara

Islamic International School PSM atau IIS PSM adalah lembaga pendidikan di bawah naungan Yayasan Perguruan Islam Pesantren Sabilil Muttaqien Takeran, Magetan, Jawa Timur.

IIS PSM merupakan sekolah berjenjang dari Play Group, TK, SD, SMP hingga SMA. Sekolah ini berdiri pada tanggal 25 Agustus 2008. Berlokasi di Jalan Monginsidi nomor 52 Magetan, Jawa Timur dan telah memiliki cabang di Jalan Madura nomor 10 Kediri, JawaTimur.

Sekolah ini didirikan oleh seorang tokoh nasional Indonesia yang lahir di Magetan, Bapak Dahlan Iskan. Beliau merupakan salah satu keluarga dari pendiri Yayasan. Sebagai salah satu keluarga beliau ingin memberikan sumbangsih terhadap yayasan yang telah dirintis oleh keluarga besar beliau sekaligus ingin mengembangkan yayasan dengan mendirikan lembaga pendidikan sekolah yang mempersiapkan generasi muda Indonesia untuk menyongsong kemajuan zaman. Sekolah yang mendidik siswanya dengan wawasan global serta menanamkan nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-harinya. Dengan harapan nantinya akan membentuk manusia yang mampu mengemban amanah sebagai “Khalifah fil-Ard” sebagaimana firman Allah di dalam Al-Qur’an (2:30).

Sekolah ini mengkombinasikan beberapa kurikulum sebagai bekal untuk siswanya agar dapat menghadapi tantangan zaman. Selain dari kurikulum nasional, sekolah ini juga mengaplikasikan kurikulum dari Cambridge University untuk mewadahi kurikulum internasional. Sedangkan untuk membekali ilmu agama ditambahkan beberapa kitab turats serta cara memaknai kitab dan memahami Bahasa Arab.

Dalam membangun kapasitas guru dan manajemen sekolah, IIS PSM berafiliasi dengan Madrasah Irsyad Zuhri Al-Islamiah Singapura atas bantuan pendanaan programnya oleh Temasek Foundation International Singapura. Madrasah Irsyad Zuhri Al Islamiah Singapura dijadikan sister school karena merupakan salah satu sekolah Islam yang maju dan profesional, memiliki sistem dan manajemen yang patut dicontoh oleh sekolah-sekolah Islam di Indonesia.

Dalam membentuk lingkungan yang kondusif yang sesuai dengan tujuan pendidikan di IIS PSM, sekolah menerapkan 3 prioritas program:

  •  Bi’ah Islamiah

Pembiasaan mengamalkan ajaran-ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari.

  • International Branding,

Kurikulum dan model pembelajaran berstandar internasional dengan menggunakan kurikulum Cambridge University.

  • English as Working Language,

Bahasa Inggris sebagai bahasa komunikasi sehari-hari di dalamdan di luarkelas, dengan dan antar guru dan siswa.

Dengan program-program tersebut, sekolah mengkombinasikan kurikulum-kurikulum di kelas dengan pembiasaan-pembiasaan yang dibentuk dalam lingkungan yang kondusif, sehingga siswa dapat menerima pendidikan secara optimal, baik dari apa yang siswa dengar, lihat bahkan apa yang dirasakan di sekolah.

No announcement available or all announcement expired.